Senin, 08 Desember 2008

Pelaksanaan Sholat Iedul Adha 1429 H

Bagi ane Idul Qurban 1429 H tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya ane selalu ikut full power takbir dimusholla terdekat tapi entah mengapa tahun ini tidak terjadi. Ritual ibadah sholat ied Adha ane pilih ditempat yang lumayan jauh, padahal dimusholla terdekat mengadakan sholat ied. Memang biasanya ane selalu ikut dengan jama'ah Muslimin dalam hal sholat dua hari raya tersebut, kebiasaan buruk ane yang perlu diperbaiki adalah selalu menunda-nunda waktu yang berimbas pada tidak ikutnya sholat ied adha bersama jama'ah Muslimin tahun ini karena sampai ditempat pelaksanaan sudah usai. Ane inget pula bahwa di Masjid Syekh Nawawi Al-Bantani kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa juga mengadakan sholat iedul adha, maka pikiran ane langsung menuju masjid kampus tersebut dengan harapan masih bisa bergabung dengan menggunakan si Rio tanpa menggunakan safety kepala-helm-untung dijalanan sepi dan tidak ada petugas polisi yang berjaga-jaga. Alhamdulillah sampai dimasjid kampus belum ketinggalan sholat bahkan di masjid tersebut masih kosong, kalau ane hitung hanya satu shaf Ikhwan dan setengah shaf akhwat yang mengikuti sholat ied. Ane heran kenapa masjid segede itu jama'ahnya sedikit, padahal kalau sholat jum'at sampai membludak diluar masjid. Prasangka baik ane mungkin mahasiswa/i sedang mudik ke kampung halaman. Tepat pukul 07.00 sholat ied dimulai, bertindak sebagai Imam Ustdz Syarbini-kalau tidak salah-nama lengkapnya ane lupa lagi, padahal beliau pernah mengajar mata kuliah perilaku organisasi. Setelah selesai sholat ied adha langsung dilanjutkan dengan khotbah, banyak tausiyah dan ibroh yang didapat dari tausiyah tersebut. Pukul 07.30 seluruh rangkaian ibadah sholat iedul adha usai, panitia diluar masjid membagikan snak box untuk jama'ah yang datang. Ane pulang ke rumah dengan si Rio, dengan rasa was-was dijalan karena tidak membawa helm. Jalanpun sangat hati-hati, sesekali tengok kebelakang apakah ada Polisi yang mengejar karena keluar dari kampus melewati Terminal antar kota antar Propinsi yang setiap hari dijaga petugas Kepolisian. Akhirnya alhamdulillah sampai juga dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar